Entry Terbaru Dari Bawah Tanah

Isnin, 19 Oktober 2009

Remi Silado (Remy Sylado)



    Mungkin ada yang sudah mengenali Saudara Remy Silado yang ingin Belalang ceritakan ini. pada yang belum kenal, bolehlah menonton klip video beliau di youtube di mana baru-baru ini beliau telah menjelaskan isu-isu mengenai lagu-lagu yang telah di katakan diciplak oleh Malaysia. (http://www.youtube.com/watch?v=dDm60fePIFU)

    Terima kasih diucapkan kepada Saudara Remy Silado kerana telah tampil menjelaskan kekeliruan yang telah di cetuskan oleh akhbar-akhbar di Indonesia.

    Belalang telah meneliti biodata beliau melalui http://id.wikipedia.org. Disini Belalang paste kan maklumat yang diberi agar kita lebih mengetahui siapa Remy Silado



Remy Sylado (lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 12 Juli 1945; umur 64 tahun) adalah salah satu sastrawan Indonesia. Nama sebenarnya adalah Yapi Panda Abdiel Tambayong (ER: Japi Tambajong). Ia menghabiskan masa kecil dan remaja di Semarang dan Solo. Ia memiliki sejumlah nama samaran seperti Dova Zila, Alif Danya Munsyi, Juliana C. Panda, Jubal Anak Perang Imanuel, dsb di balik kegiatannya di bidang musik, seni rupa, teater, film, dsb dan menguasai sejumlah bahasa.

Ia memulai karier sebagai wartawan majalah Tempo (Semarang, 1965), redaktur majalah Aktuil Bandung (sejak 1970), dosen Akademi Sinematografi Bandung (sejak 1971), ketua Teater Yayasan Pusat Kebudayaan Bandung. Dia menulis kritik, puisi, cerpen, novel (sejak usia 18), drama, kolom, esai, sajak, roman populer, juga buku-buku musikologi, dramaturgi, bahasa, dan teologi. Remy terkenal karena sikap beraninya menghadapi pandangan umum melalui pertunjukan-pertunjukan drama yang dipimpinnya. Ia juga salah satu pelopor penulisan puisi mbeling.

Selain menulis banyak novel, ia juga dikenal piawai melukis, drama, dan tahu banyak akan film. Saat ini ia bermukim di Bandung. Remy pernah dianugerahi hadiah Sastra Khatulistiwa 2002 untuk novelnya Kerudung Merah Kirmizi.

Remy juga dikenal sebagai seorang Munsyi, ahli di bidang bahasa. Dalam karya fiksinya, sastrawan ini suka mengenalkan kata-kata Indonesia lama yang sudah jarang dipakai. Hal ini membuat karya sastranya unik dan istimewa, selain kualitas tulisannya yang tidak diragukan lagi. Penulisan novelnya didukung dengan riset yang tidak tanggung-tanggung. Seniman ini rajin ke Perpustakaan Nasional untuk membongkar arsip tua, dan menelusuri pasar buku tua. Pengarang yang masih menulis karyanya dengan mesin ketik ini juga banyak melahirkan karya berlatar budaya di luar budayanya. Di luar kegiatan penulisan kreatif, ia juga kerap diundang berceramah teologi.

Remy Sylado pernah dan masih mengajar di beberapa perguruan di Bandung dan Jakarta, seperti Akademi Sinematografi, Institut Teater dan Film, Sekolah Tinggi Teologi.

0 comments:

 
Blogged.my Web Statistics My Ping in TotalPing.com